Senin, 04 Mei 2009

Tips Memilih Tomat


Tomat merupakan buah yang tidak asing lagi bagi masyarakat secara umum, terutama yang gemar memasak. Buah ini mudah didapatkan di pasar dalam keadaan yang masih segar. Akan tetapi tidak semua orang tahu cara penanganan tomat setelah dipetik agar kondisi tomat senantiasa segar mulai dari dipanen sampai dengan sesaat akan dikonsumsi. Berikut ini ada beberapa tips untuk memilih, menyimpan, membekukan dan mengeringkan tomat yang praktis dapat dilakukan oleh kita semua:

Cara memilih tomat :
1. Pilih tomat yang belum begitu merah agar awet disimpan, kecuali bila tomat akan segera dimasak.
2. Pilih tomat yang beratnya sesuai dengan besarnya. Tomat seperti itu mengandung banyak air.
3. Pilih tomat yang bulat, permukaan kulitnya halus, tidak berlekuk-lekuk, atau retak. Hindari tomat yang telah rusak, berjamur dan busuk
4. Pilih tomat yang selain berwarna merah, juga terasa segar dan padat di tangan.

Cara menyimpan tomat :
Tomat tidak cocok disimpan di dalam lemari es. Suhu di bawah 10oC seperti di dalam lemari es akan mengganggu kematangannya. Tomat akan menjadi merah dalam lemari es, tetapi tidak lagi mengandung banyak air dan rasanya pun tidak manis lagi. Karena itu rasa tomat yang disimpan dalam suhu udara biasa di dapur akan jauh lebih lezat dibandingkan dengan yang disimpan dalam lemari es.
Jika mempunyai tempat penyimpanan tomat yang bersuhu antara 12,8oC -21oC, maka tomat yang tua dan menjelang merah dapat disimpan dalam jumlah banyak selama 4-6 minggu. Tiap minggu atau tiap saat yang telah merah dapat berangsur-angsur dikeluarkan untuk dimasak atau dikonsumsi secara langsung.
Tomat kalengan dapat disimpan pada udara segar dan kering selama 6 bulan. Apabila tomat kalengan dibuka dan tidak habis dikonsumsi, sisanya sebaiknya segera dipindahkan ke dalam wadah yang terbuat dari gelas atau plastik yang bersih kemudian dimasukkan ke dalam lemari es. Wadah tomat yang tidak diganti akan mengakibatkan tomat berbau kaleng. Tomat yang telah dibuka masih dapat disimpan selama 1 minggu.

Cara membekukan tomat :
Tomat dapat dibekukan dalam bentuk utuh atau telah diiris-iris di dalam kantong plastik tertutup di dalam freezer. Bila dikeluarkan dari freezer tomat akan menjadi seperti bubur, tetapi rasanya tetap enak untuk dimasak sebagai hidangan sup atau saus tomat. Untuk keperluan masakan lain, tomat hasil bekuan tidak dapat menggantikan tomat segar. Kelebihan saus tomat dapat dibekukan sampai 2 bulan dalam wadah yang tertutup rapat dalam freezer.

Cara mengeringkan tomat :
Tomat dapat diawetkan dengan cara mengeringkannya dengan cahaya matahari. Caranya, tomat dibelah menjadi 2 bagian, kemudian dijemur di atas kawat kasa atau penampi, jemur sambil dibolak-balik sampai kering. Selama pengeringan harus dijaga dari kebasahan. Tomat kering yang diolesi minyak zaitun rasanya lezat dan dapat disimpan dalam lemari es selama 6-9 bulan dalam wadah kering dan tertutup.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:
Free Blog Templates